Mengapa Stik Drum Memiliki Tip Plastik?

Mengapa Stik Drum Memiliki Tip Plastik? – Mungkin tidak terlihat seperti ada banyak hal yang terjadi antara satu stik drum dan stik drum lainnya, tetapi kenyataannya adalah, setiap stik drum individu memiliki suara dan ciri khasnya sendiri sangat mirip dengan sidik jari dan hampir setiap drummer serius jatuh cinta dengannya. satu jenis tongkat tertentu dan satu jenis ujung tertentu lebih cepat daripada nanti.

Mengapa Stik Drum Memiliki Tip Plastik?

silverfoxpercussion – Stik drum dengan ujung plastik sangat populer karena memiliki suara yang seragam di seluruh ujungnya, memiliki daya tahan lebih dari ujung kayu (terutama saat memainkan simbal), dan menghasilkan suara yang lebih cerah yang populer dalam musik rock dan jazz.Mari kita telusuri lebih dalam mengapa stik drum memiliki ujung plastik, faktor lain apa yang memengaruhi suara yang dihasilkan stik drum saat Anda menggunakannya, dan apakah ada kelemahan nyata dalam menggunakan ujung plastik atau tidak.

Apakah Stik Drum Dengan Tip Plastik Populer?

Meskipun tidak semua drumer menyukai tip plastik pada stik drum, mereka mendapatkan popularitas dari waktu ke waktu, sebagian besar karena produsen telah mampu meningkatkan daya tahan, meningkatkan kualitas suaranya, dan menghasilkan suara yang jauh lebih konsisten bahkan ketika Anda mengganti stik dengan merek yang sama.

Mari kita gali lebih dalam tentang manfaat tip stik drum plastik (nilon):

  • Lebih tahan lama
  • Suara Lebih Cerah
  • Suara Lebih Konsisten
  • Lebih tahan lama

Langsung keluar dari gerbang alasan terbesar produsen beralih dari ujung kayu ke ujung plastik atau nilon adalah karena faktor daya tahan yang dibawa oleh bahan rekayasa ini ke meja.

Ujung plastik menampilkan bahan plastik/nilon berlubang yang telah dibentuk menjadi beberapa bentuk berbeda lebih dari itu hanya dalam satu menit dan kemudian direkatkan langsung ke ujung stik drum. Hasil akhirnya adalah sesuatu yang sangat kuat, sangat tahan lama, dan sangat andal bahkan jika Anda suka bermain drum!

Sesekali Anda akan mendapatkan tip yang terbang dengan pasti dan saya akan menyentuhnya sedikit juga tetapi sebagian besar, tip plastik jauh lebih tahan lama dan tidak mudah pecah dan kegagalan bencana.Daya tahan ini benar-benar bersinar dalam hal bermain simbal. Ujung kayu bisa pecah tidak merata atau ada serpihan yang terlepas karena berulang kali memukul simbal. Ujung plastik/nilon akan tahan lebih baik.

Baca Juga : Apa kayu Terbaik untuk Stik Drum Anda?

Suara Lebih Cerah

Alasan lain orang jatuh cinta dengan stik drum yang ujungnya terbuat dari plastik adalah karena kemampuannya menghasilkan jenis suara yang lebih cerah dan bersih yang cukup berbeda dari yang dihasilkan oleh stik drum kayu. Pada umumnya stik drum kayu besar (dengan ujung kayu) akan memiliki jenis suara yang jauh lebih gelap bahkan ketika Anda memainkan berbagai jenis drum.

Pasti ada kekayaan di sana, tetapi ada juga lebih banyak “suasana hati” daripada yang diminta oleh beberapa lagu.Nada yang lebih gelap dan lebih lembut ini juga berarti bahwa serangan drum Anda mungkin tidak terlalu menonjol. “Ping” definitif saat Anda menekan simbal bisa hilang atau berkurang drastis…terutama saat ujung kayu mulai rusak dan melunak.Dengan ujung plastik dan nilon pada stik drum, suaranya jauh lebih cerah, jauh lebih bersih, dan secara signifikan lebih tajam.

Lebih Konsisten

Terakhir, banyak orang telah beralih dari ujung kayu…meskipun mereka menyukainya…ke ujung plastik dan nilon hanya karena hasil akhirnya jauh lebih konsisten dari satu stik drum ke stik drum lainnya.Setiap drummer yang serius akan memberitahu Anda bahwa Anda akan merobek stik drum, mungkin lebih cepat dari yang Anda pikirkan.

Ini terutama benar jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk berlatih dan memainkan musik yang keras dan agresif.Daya tahan dan umur panjang dari bahan-bahan yang direkayasa ini melebihi apa yang dapat Anda harapkan dari stik drum kayu yang dibuat dengan sangat baik, tetapi konsistensi suara yang akan Anda dapatkan terutama saat Anda pindah ke set stik baru tidak ada grafik.

Stik drum kayu individu memiliki nada dan sikap mereka sendiri. Plastik dan nilon adalah bahan yang cukup “mati” tanpa banyak variasi, jadi Anda tahu persis apa yang akan Anda dapatkan saat menemukan merek yang benar-benar Anda sukai.Karena plastik dan nilon adalah bahan komposit “buatan manusia”, selama Anda membeli stik dengan merek yang sama dari perusahaan yang sama, ujungnya akan selalu seragam dan hampir identik satu sama lain. Ini menghasilkan suara yang sangat konsisten.

Bentuk Ujung Tongkat Juga Penting

Faktor-faktor lain juga ikut berperan, terutama bentuk ujung stik sebenarnya yang sedang Anda kerjakan.Bahan plastik dan nilon dapat dibentuk menjadi hampir semua konfigurasi yang bisa dibayangkan dan tetap menghasilkan hasil yang fantastis. Anda memiliki toleransi yang jauh lebih rendah untuk dimainkan saat Anda bekerja murni dengan kayu.

Oval – Tip plastik oval akan memiliki spektrum suara yang jauh lebih besar yang dapat Anda mainkan, terutama saat Anda menggedor simbal Anda.

Tear Drop – Ini mungkin yang paling hangat dari semua bentuk ujung plastik yang akan Anda temukan, membuat Anda dekat dengan suara kayu tradisional (meskipun masih sedikit meleset).

Bulat – Tip gaya bulat atau bola akan menghasilkan suara yang paling bersih, paling terang, dan yang pasti paling tajam yang Anda cari – benar-benar memanfaatkan semua properti plastik yang ditawarkan.

Acorn – Ujung plastik berbentuk biji ek penuh, sangat gemuk, dan sangat kaya. Anda kehilangan sedikit “dalam terjemahan” dibandingkan dengan ujung kayu yang juga berbentuk biji, tetapi tidak terlalu banyak.

Barrel – Tip gaya barel dirancang dengan sangat baik untuk saat Anda menginginkan pukulan ekstra dan pop, suara yang sangat keras dari drum Anda, dan berharap untuk benar-benar melengking pada instrumen Anda.

Apa Negatifnya Menggunakan Stik Drum Dengan Tip Plastik?

Meskipun stik drum berujung plastik populer, mereka memiliki beberapa hal negatif. Tidak seperti ujung kayu, jika ujung plastik pecah maka seluruh ujungnya patah. Jika ini terjadi akan ada perbedaan suara yang mencolok. Ujung plastik juga memiliki suara yang lebih “pingy” yang tidak disukai oleh beberapa drumer. Stik drum berujung plastik kemungkinan memiliki tempat di sebagian besar tas stik drummer, jika tidak ada alasan lain selain untuk dapat mengubah suara Anda dengan cepat. Tetapi mereka memiliki beberapa aspek yang tidak disukai oleh para drumer:

  • Kurangnya Suara Alami dan Hangat
  • Getaran Lebih Berat pada Simbal
  • Kegagalan Tip Total
  • Tidak Senatural atau Sehangat Suaranya

Kami telah mengatakan beberapa kali bahwa suara yang Anda dapatkan dari plastik akan selalu sedikit berbeda dibandingkan dengan apa yang Anda harapkan dari kayu. Perbedaannya jauh lebih sedikit daripada sebelumnya  tetapi tetap saja ada perbedaan.

Lebih Banyak Getaran pada Simbal

Jangan salah, ujung stik drum kayu mampu meredam getaran yang Anda buat setiap kali Anda menampar simbal Anda dengan cara yang tidak bisa dilakukan plastik.Anda harus menemukan cara untuk meredam getaran ini jika Anda ingin menyelesaikannya dari musik Anda dengan simbol plastik di ujung stik drum Anda.

Potensi Lebih Tinggi untuk Kegagalan Tip Total

Akhirnya, karena ujung-ujung ini direkatkan dan benar-benar terpisah dari bagian tubuh stik drum lainnya, mereka selalu akan menjadi sedikit lebih lemah dari ujung kayu yang sempit, tetapi biasanya masih merupakan bagian dari stik drum itu sendiri.Itu membuka potensi kegagalan bencana di mana ujungnya terbang dan Anda ditinggalkan dengan stik drum yang fantastis yang tidak dapat Anda gunakan lagi.