Apa kayu Terbaik untuk Stik Drum Anda?

Apa kayu Terbaik untuk Stik Drum Anda? – Jika Anda seorang murni seperti kami, Anda mungkin berada di sini karena Anda percaya bahwa stik drum terbaik di luar sana terbuat dari kayu. Dan kami cenderung setuju dengan Anda.

Apa kayu Terbaik untuk Stik Drum Anda?

silverfoxpercussion – Stik drum kayu menawarkan beberapa keunggulan seperti sensasi unik yang ditawarkan saat Anda bermain, cara menyerap getaran dan fleksibilitasnya. Namun, ada beberapa pilihan kayu yang tersedia di pasaran dan bisa sangat mudah hilang sama sekali.

Jadi Oak, Maple, Hickory (Cina atau Amerika) Apa kayu terbaik untuk dipilih saat membeli stik drum Anda?Jawabannya akan sangat bergantung pada preferensi Anda dan apa yang Anda harapkan dari stik drum Anda. Tapi di sini ada beberapa tips yang akan membantu Anda menentukan pilihan.

Oak adalah, dengan Maple dan Hickory, salah satu dari 3 jenis kayu teratas untuk stik drum. Biasanya dihargai karena ketahanan dan beratnya karena merupakan pilihan terberat untuk stik drum kayu. Oak sangat ideal jika Anda mencari banyak umpan balik saat Anda bermain.

Ini memungkinkan pukulan yang lebih keras tanpa membutuhkan terlalu banyak kekuatan.Namun, itu tidak menyerap banyak getaran yang dapat melelahkan pergelangan tangan dan dapat merusak simbal Anda dalam jangka panjang. Selain itu, kurangnya fleksibilitas membuatnya mudah patah pada pukulan yang salah daripada membungkuk seperti jenis kayu lainnya.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Stik Drum

Kelebihan:

  • Tahan dan umur panjang yang layak secara keseluruhan
  • Umpan balik yang bagus untuk berlatih berkat beratnya
  • Bermain keras tanpa banyak usaha (bisa bagus untuk gaya musik yang berat).

Kontra:

Kekakuannya membuatnya rentan patah pada pukulan yang salah alih-alih membungkuk seiring waktu, yang membuat umur panjangnya cukup acak tergantung pada permainan drum Anda tidak menyerap banyak getaran hit yang dapat berbahaya bagi pergelangan tangan dan simbal dalam jangka panjang. Bisa terlalu berat untuk sebagian besar drumer

Maple

Dengan sentuhannya yang sangat ringan dan halus, pertimbangkan Maple sebagai kebalikan dari Oak. Sangat populer di kalangan drumer Jazz, misalnya, Maple sekitar 20% lebih ringan dari Oak, tetapi juga jauh lebih rapuh.Anda harus mencoba stik drum Maple jika Anda mencari sentuhan yang sangat halus dan berencana untuk bermain dengan lembut seperti dengan Jazz atau dalam situasi tertentu seperti di gereja di mana Anda tidak bisa bermain terlalu keras.

Stik drum maple juga bisa menjadi cara yang baik untuk membuat permainan drum cepat menjadi lebih mudah jika Anda kesulitan dengan trek tertentu. Namun, rebound jauh lebih kuat dan mungkin memerlukan beberapa latihan sebelum Anda terbiasa.

Kelebihan:

  • Sangat nyaman di pergelangan tangan dan simbal karena sangat ringan
  • Memudahkan drum lebih cepat saat beberapa trek membutuhkannya
  • Dengan pantulan yang bagus dan sentuhan halus, sangat cocok untuk permainan drum yang lebih lembut.

Kontra:

Sangat rapuh, sehingga akan sulit di dompet jika Anda bermain berat dengan Maple karena Anda akan sangat sering merusaknya Tidak ideal untuk berlatih dan/atau pemula karena memberikan umpan balik yang sangat kecil karena ringan.

hickory

Jika ada satu kayu yang membangun reputasi besar untuk dirinya sendiri berkat keserbagunaannya, itu adalah Hickory. Hickory biasanya dianggap sebagai kayu paling populer untuk stik drum karena berdiri sempurna di antara Maple dan Oak dalam hal berat dan kepadatan. Satu hal umum yang disukai para drumer tentang Hickory adalah ia cukup padat dan berat untuk menikmati umur panjang yang baik, sementara masih cukup fleksibel untuk menyerap lebih banyak getaran dari pukulannya.

Bahkan, itu digunakan oleh orang-orang Skotlandia untuk membuat tongkat golf untuk alasan yang sama.Selalu cari Hickory Amerika karena biasanya datang dengan kualitas yang jauh lebih baik daripada rekan Cina-nya. Ini sedikit lebih ekspansif, itu benar, tetapi umur panjang tambahan dan sentuhan yang lebih baik menebus harganya.

Kelebihan:

Sejauh ini opsi paling serbaguna yang bagus jika Anda tidak ingin membawa banyak jenis stik drum sepanjang waktu untuk trek atau gaya musik yang berbeda Memberikan umpan balik dan perasaan yang baik pada saat yang sama berkat kepadatan dan fleksibilitasnya, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk berlatih dan pemula.

Kontra:

Biasanya bukan pilihan termurah karena serbaguna, ini mungkin bukan pilihan terbaik bagi Anda jika Anda sangat terspesialisasi dalam gaya musik lembut atau berat. Keseluruhan Oak bagus untuk dimainkan dengan berat dan keras.Maple sangat bagus untuk dimainkan dengan lembut atau dalam situasi yang lebih ringan

Hickory adalah kompromi yang baik antara dua opsi ini

Jadi kayu terbaik untuk stik drum Anda adalah kayu yang Anda pilih berdasarkan gaya dan preferensi Anda sendiri! Dan cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan mencobanya sendiri. Pengalaman menarik yang bisa Anda coba di rumah adalah memainkan alur yang sama dengan stik drum yang berbeda dan perhatikan perbedaannya.

Di Vikory, kami sangat percaya pada Hickory, tetapi kami harus menyadari bahwa sebagian besar merek besar tidak memanfaatkan potensinya dengan baik. Jadi kami membuat stik drum Hickory kami sendiri dengan proses yang sangat spesifik. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentangnya, Anda dapat memeriksanya di sini.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Stik Drum

Stik drum tidak terlalu membingungkan, namun ada informasi yang dapat Anda ambil saat memilih ukuran atau model tertentu. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin Anda tanyakan.

Apa arti angka dan huruf?

Sejarah di balik angka dan huruf yang dicap pada stik drum agak kabur. Huruf awalnya berarti gaya musik, sedangkan nomornya terkait dengan diameter tongkat. Semakin besar diameternya, semakin kecil angkanya. Beberapa pengkodean ini masih berlaku untuk model tongkat dasar saat ini. Berikut adalah rincian dari apa yang digunakan perusahaan di awal 1900-an, ketika sistem ini pertama kali didirikan:

  • Huruf A berarti orkestra.
  • Huruf B berarti marching dan band konser.
  • Huruf S adalah singkatan dari band jalanan.
  • Huruf D, yang digunakan oleh Gretsch, berarti band dansa.
  • 2B adalah ukuran paling umum untuk tongkat tebal.
  • 7A adalah ukuran paling umum untuk tongkat tipis.

Sebagian besar produsen tongkat masih menawarkan model klasik: 2B, 5A, 5B, dan 7A. Seperti yang dikatakan Pat Brown dari Promark, “Di luar itu, sebagian besar perusahaan telah mengadopsi sistem individual mereka sendiri untuk stik penamaan atau penomoran, dan biasanya nama atau nomor tersebut tidak lebih dari nomor bagian umum yang memiliki sedikit atau tidak ada relevansi dengan ukuran atau bentuk dari tongkat.

” Jadi, agar pelanggan Anda tidak kewalahan dengan pilihan saat mereka mencari tongkat yang tepat, pertimbangkan untuk memiliki pasangan dalam ukuran dasar di sekitar untuk membantu memandu Anda ke arah yang benar.

Apa perbedaan antara tongkat yang terbuat dari hickory, maple, oak, dan plastik?

Apa Anda perlu tahu tentang Stik Drum Jenis kayu yang paling umum digunakan saat ini adalah hickory dan maple. Maple 10 persen lebih ringan dari hickory, yang memungkinkan drumer menggunakan tongkat berdiameter lebih besar tanpa terlalu berat. Maple juga bermain sedikit lebih cepat. Namun, itu cukup cepat aus.

Hickory adalah kayu yang lebih keras dan akan bertahan lebih lama dari maple. Hickory juga cukup ulet dan dapat menyerap goncangan drummer yang memukul keras. Ek adalah pilihan kayu terberat. Tongkat kayu ek putih Shira Kashi Jepang dari Promark 10 persen lebih berat daripada yang dibuat dengan hickory Amerika. Kepadatan ekstra berarti tongkat kayu ek dapat menahan gaya bermain yang lebih intens.

Intinya adalah bahwa ek akan bertahan paling lama. Hickory memiliki nuansa alami, menerima jumlah hukuman rata-rata, dan merupakan yang paling serbaguna dari tiga jenis kayu. Maple akan memungkinkan lebih banyak sensitivitas dan mungkin lebih cocok untuk situasi bermain yang lebih ringan.

Untuk daya tahan yang ekstrem, periksa stik aluminium/plastik dari Ahead. Stik drum ini terbuat dari tabung aluminium kelas kedirgantaraan, dan bagian atas memiliki penutup poliuretan yang dapat diganti dengan ujung berulir. Stik ini dirancang untuk tahan lama, sambil tetap menawarkan pengalaman bermain yang nyaman.

Menurut Ahead, “Stik kami memiliki guncangan hingga 50 persen lebih sedikit dan dapat bertahan hingga sepuluh kali lebih lama daripada kebanyakan model kayu berukuran serupa.”

  • Hickory berbobot sedang dan tahan lama.
  • Maple ringan dan cepat.
  • Oak adalah kelas berat dan tahan lama.
  • Stik aluminium/poliuretan memberikan pantulan ekstra dan sangat tahan lama.

Bagaimana bentuk ujung tongkat mempengaruhi suara?

Ada lima bentuk dasar dari tip stik drum, dan masing-masing menghasilkan suara yang berbeda dan memiliki rasa yang berbeda, terutama saat memainkan cymbal.

  • Oval: spektrum suara terbesar
  • Teardrop: hangat dengan nada rendah yang terfokus
  • Bulat/bola: bersih, cerah, dan tajam
  • Acorn: penuh, kaya, dan gemuk
  • Laras: punchy dan keras

Saat memilih stik, pertimbangkan jenis musik yang Anda mainkan. Apakah Anda perlu mendengarkan beberapa ampli Marshall? Jika demikian, model ujung nilon bergaya barel bisa bekerja paling baik.

Apa perbedaan antara ujung kayu dan nilon?

Menurut Mark Dyke di Vic Firth, “Drummer akan memilih antara tongkat kayu dan ujung nilon berdasarkan warna suara simbal yang diinginkan. Ujung nilon menghasilkan suara yang lebih terang daripada kayu.” Selain itu, ujung nilon hampir tidak dapat dihancurkan, sehingga ujung nilon akan bertahan lebih lama dari ujung kayu. Ujung nilon seri E unik dari Regal Tip dirancang untuk menawarkan daya tahan plastik dengan suara kayu yang lebih hangat.

  • Nylon: ujung tahan lama, suara cerah
  • Kayu: suara penuh dan hangat
  • Seri Regal Tip E: tip tahan lama, suara hangat

Apa pengaruh pernis pada stik?

Lacquer menyegel kayu dan menstabilkan kadar air. Ini juga dapat membantu memberikan pegangan yang lebih nyaman. Proses pernis tiga langkah Regal Tip dirancang untuk meningkatkan tingkat kenyamanan satu langkah. Menurut Carol Calato dari Regal Tip, “Selesai pernis ini benar-benar akan terasa sedikit norak saat tangan Anda memanas saat Anda bermain.”

Beberapa lak terlalu tebal untuk drumer tertentu; para pemain akan membutuhkan model yang lebih dekat dengan kayu mentah. Jika tangan Anda sangat mudah berkeringat, tongkat dengan banyak pernis bisa sangat sulit untuk dipegang. Tongkat “pegangan khusus” mungkin merupakan pilihan terbaik; model ini memiliki lapisan anti selip di bagian ujungnya.

  • Dipernis: terasa licin, tahan lembab
  • Unlacquered: cengkeraman ketat, rentan terhadap perubahan kadar air
  • Grip stick: tidak ada selip, tahan lembab
  • Berapa ukuran dan model terbaik untuk pemula?

Satu ukuran tidak cocok untuk semua. Jika seorang siswa memiliki tangan yang kecil (baik karena usia atau perawakan), rekomendasi yang paling logis adalah tongkat yang lebih kecil daripada tongkat yang digunakan oleh seseorang dengan tangan yang lebih besar. Tetapi beberapa eksperimen diperlukan untuk menemukan apa yang terasa paling nyaman. A 7A adalah pilihan yang baik untuk seseorang dengan tangan kecil, seperti siswa muda.

A 5A adalah model paling umum untuk tangan remaja atau dewasa berukuran rata-rata. Beberapa perusahaan menawarkan stik yang dibuat khusus agar pas dengan tangan kecil seorang drummer muda. Itu termasuk Vic Firth’s SD 1 Jr. Vater’s Junior Sticks, dan Promark’s SD1F Future Pro.

Pertimbangkan ukuran tangan Anda, dan mainkan beberapa pukulan pada bantalan karet menggunakan tongkat yang berbeda. Jika pukulan terlihat sedikit tidak terkendali dengan tongkat tipis, cobalah model yang lebih tebal. Kontrol adalah segalanya untuk drummer pemula, dan menemukan ukuran stick yang tepat adalah elemen penting dalam mengembangkan teknik yang tepat.